Jumat, 01 Maret 2013

Sistim Angkutan Udara



1.   Airside dan lanside di lapangan terbang
Jawab
a.   Airside adalah Air side (Kawasan Udara) yaitu kawasan atau bagian yang berhubungan dengan pesawat terbang gerakan pesawat terbang. Air side terdiri dari :
1.     Run way (landasan pacu) ini digunakan sebagai tempat yang digunakan pesawat untuk lending dan take off
2.    Taxi way (jalur parkir) tempat yang dijadikan oleh

 pesawat sebagai tempat parkir setelah lending
3.    Apron (pelataran gerakan pesawat) tempat yang menghubungkan antara tempat run way dan taxi way.
4.    Airplane parking area (tempat parker pesawat)
5.    Air traffic control and control center (pengawasan lalu lintas udara dan pusat / pllu)
6.    Navigational Aid (alat bantu navigasi) yaitu teknik menentukan arah penerbangan untuk sampai ditujuan
7.    Aircraft fuel facilities (fasilitas bahan bakar)
b.   Land Side adalah kawasan di darat lainnya yang dipakai untuk gedung terminal, ruang check-in dan waiting room penumpang, Gedung kargo, tempat parkir mobil, retoran, took-toko dll
1.     Terminal Building (Gedung terminal)
2.    Ticket Counter (Penjualan tiket)
3.    Passenger and Baggage Check-in Counter
4.    Security System (sistem kamanan)
5.    Custom and immigration (Bea, Cukai dan imigran)
6.    Passenger Waiting Room (Ruang Tunggu)
7.    Shoping Area (tempat pertokoan)
8.     Cargo Building (ruang kargo)
9.     Airplane Boarding Room (ruang keberangkatan)
10.Gate (pintu-pintu)
11. Fuel facilities
12.            CIQ (Custom, Imigrantion, Quarantine)
13.            Airplane offices (pertokoan maskapai penerbangan)
14.           City Transportation Parking (Tempat parker mobil umum)
2.  Alat bantu navigasi ( NDB, VOR, DME, ILS dll)
Jawab
a)    NDB (Non Directional Baecon) yaitu pemancar radio yang memancarkan isarat radio ke segala arah dengan gelombang LF Frekuensi 200-415 KHZ.
b)    VOR (Very High Frequensi own range) yaitu pemancar radio yang memancarkan isarat radio ke segala arah dengan gelombang VHF 108-117 MHZ
c)    DME (Distance Measuring Equipment) yaitu alat yang memberikan informasi tentang jarak antara pesawat terbang dengan fasilitas darat tertentu. Pancarannya bekerja pada gelombang UHF ( Ultra High Frequensi) 962-1213 MHZ.
3.  Perbedaan airfield ( lapangan terbang ) dan airport ( bandar Udara )
Jawab
Airfield atau lapangan terbang adalah Area daratan atau air yang dapat dipergunakan untuk kegiatan take-off and landing pesawat udara. fasilitas untuk pendaratan, parkir pesawat, perbaikan pesawat dan terminal building untuk mengakomodasi keperluar penumpang pesawat. Sedangkan
Airport atau bandar udara adalah Area daratan atau air yang secara regular dipergunakan untuk kegiatan take-off and landing pesawat udara. Diperlengkapi dengan fasilitas untuk pendaratan, parkir pesawat, perbaikan pesawat, bongkar muat penumpang dan barang, dilengkapai dengan fasiltas keamanan dan terminal building untuk mengakomodasi keperluar penumpang dan barang dan sebagai tempat perpindahan antar moda transportasi.
4.  Konfigurasi landasan pacu (runway )
Jawab
a.   Landasan Tunggal atau singgle runway
     Konfigurasi yang paling sederhana Kapasitas runway jenis ini dalam kondisi VFR berkisar diantara 50 sampai 100 operasi per jam, sedangkan dalam kondisi IFR kapasitasnya berkurang menjadi 50 sampai 70 operasi, tergantung pada komposisi campuran pesawat terbang dan alat-alat bantu navigasi yang tersedia.







b.   Landasan pararel atau Pararel runway
     Konfigurasi landasan sejajar terutama tergantung kepada jumlah landasan dan pemisahan/jarak antara dua landasan.Untuk runway sejajar berjarak rapat, menengah dan renggang kapasitasnya per jam dapat bervariasi di antara 100 sampai 200 operasi dalam kondisi-kondisi VFR, tergantung pada komposisi campuran pesawat terbang. Sedangkan dalam kondisi IFR kapasitas per jam untuk yang berjarak rapat berkisar di antara 50 sampai 60 operasi, tergantung pada komposisi campuran pesawat terbang. Untuk runway sejajar yang berjarak menengah kapasitas per jam berkisar antara 60 sampai 75 operasi dan untuk yang berjarak renggang antara 100 sampai 125 operasi per jam.





c.   Landasan Bersilangan atau cross runway
Banyak lap. Terbang mempunyai dua atau tiga landasan dengan arah berlainan, berpotongan satu sama lain, landasan demikian mempunyai  patron ‘persilan. Landasan bersilangan diperlukan jika angin yang bertiup keras lebih dari satu arah, yang akanmenghasilkan tiupan angin berlebihan bila landasan mengarah ke satu mata angin.
 






d.     Landasan dua jalur atau Landasan dua jalur terdiri dari dua landasan yang sejajar dipisahkan berdekatan (700 ft- 2.499 ft) dengan exit taxiway secukupnya. Operasi penerbangan diatur, landasan terdekat dengan terminal untuk keberangkatan esawat dan landasan jauh untuk kedatangan pesawat
 




e.    V. Shaped runway adalah.Runway V terbuka merupakan runway yang arahnya memencar (divergen) tetapi tidak berpotongan. Strategi yang menghasilkan kapasitas tertinggi adalah apabila operasi penerbangan dilakukan menjauhi V (Gambar 1.20). Dalam kondisi IFR, kapasitas per jam untuk strategi ini berkisar antara 50 sampai 80 operasi tergantung pada campuran pesawat terbang, dan dalam kondisi VFR antara 60 sampai 180 operasi. Apabila operasi penerbangan dilakukan menuju V






5.  Tugas atau Fungsi ATC
Jawab
Air traffice control adalah suatu badan atau organisasi yang mengatur atau mengawasi lalu lintas penerbangan dalam ruang udara ( suatu negara ) dan di darat, untuk :
·        Memberikan instruksi dan petunjuk bagi pilot
·        Melancarkan jalannya operasi penerbangan
·        Mencegah terjadinya tabrakan di udara dan didarat.
6.  Fungsi/tugas Meteorologi (BMKG)
Adalah organisasi atau badan yang mengawasi (mendata, melaporkan, membuat perkiraan, ramalan) keadaan cuaca dan iklim di  sebuah negara (Badan Meteorologi Geofisika  dan Klimatologi)
Fungsi / tugasnya sbb :
a.     Memantau keadaan cuaca (weather condition) di daerah/kota/bandara
b.     Membuat ramalan cuaca untuk daerah/kota/bandara
c.      Mendistribusikan kondisi cuaca (weather report) dan ramalan cuaca (weather forecast).
7.  Wind, visibility, Cloud.
Jawab
a.      Angin (wind) adalah udara yang bergerak di ruang udara melintasi wilayah bumi, karena adanya perbedaan tekanan udara, yaitu bergerak dari daerah tekanan tinggi (high pressure) ke daerah tekanan rendah (low pressure).
b.       Jarak Pandang (visibility) adalah jarak maksimum yang mata telanjang dapat mengenal suatu objek, dipengaruhi oleh:
·         Hujan (rain)
·         Embun(fog) dan kabut
·         Asap (smoke)
·         Debu (dust)
·         Pasir (sand)
·         Salju.
c.       Awan (cloud) adalah uap air (water vapor)  yang terangkah ke atas dan berkondensasi menjadi awan:
ü  Tipe Cumulus (cumulus cloud)  ..........  (Cumulo Nimbus)
ü  Tipe Stratus (Stratus cloud) .........(Nimbo Stratus)
8.    Sejarah dan perkembangan lapangan-terbang
9.    Alat perekam (Black Box)
10. ICAO dan IATA
11. Wind velocty (arah dan kecepatan angin)
12.(dua) bentuk dasar awan (Cu dan St)
13.Penomeran runway
Read More ->>

statistik blog

zulkarnaen01.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

Search

Memuat...

Blogger templates